Use
Case Diagram
Pengertian :
● Use case class digunakan untuk memodelkan dan
menyatakan unit fungsi/layanan yang disediakan oleh sistem (or bagian sistem:
subsistem atau class) ke pemakai.
● Use case dapat dilingkupi dengan batasan sistem
yang diberi label nama sistem.
● Use case adalah sesuatu yang menyediakan hasil
yang dapat diukur ke pemakai atau sistem eksternal.
Karakteristik :
– Use cases adalah interaksi atau dialog antara
sistem dan actor, termasuk pertukaran pesan dan tindakan yang dilakukan oleh
sistem.
– Use cases diprakarsai oleh actor dan mungkin
melibatkan peran actor lain. Use cases harus menyediakan nilai minimal kepada
satu actor.
– Use cases bisa memiliki perluasan yang mendefinisikan
tindakan khusus dalam interaksi atau use case lain mungkin disisipkan.
– Use case class memiliki objek use case yang
disebut skenario. Skenario menyatakan urutan pesan dan tindakan tunggal.
Komponen Pembentuk Use Case Diagram :
1. Actor
Pada dasarnya actor bukanlah bagian dari use case
diagram, namun untuk dapat terciptanya suatu use case diagram diperlukan
beberapa actor. Actor tersebut mempresentasikan seseorang atau sesuatu (seperti
perangkat, sistem lain) yang berinteraksi dengan sistem. Sebuah actor mungkin
hanya memberikan informasi inputan pada sistem, hanya menerima informasi dari
sistem atau keduanya menerima, dan memberi informasi pada sistem. Actor hanya
berinteraksi dengan use case, tetapi tidak memiliki kontrol atas use case. Actor
digambarkan dengan stick man . Actor dapat digambarkan secara secara umum atau
spesifik, dimana untuk membedakannya kita dapat menggunakan relationship
Actor
Gambar Actor
2. Use Case
Use case adalah gambaran fungsionalitas dari suatu
sistem, sehingga customer atau pengguna sistem paham dan mengerti mengenai
kegunaan sistem yang akan dibangun.
Catatan : Use case diagram adalah penggambaran
sistem dari sudut pandang pengguna sistem tersebut (user), sehingga pembuatan
use case lebih dititikberatkan pada fungsionalitas yang ada pada sistem, bukan
berdasarkan alur atau urutan kejadian.
Cara menentukan Use Case dalam suatu sistem:
a. Pola perilaku perangkat lunak aplikasi.
b. Gambaran tugas dari sebuah actor.
c. Sistem atau “benda” yang memberikan sesuatu yang
bernilai kepada actor.
d. Apa yang
dikerjakan oleh suatu perangkat lunak (*bukan bagaimana cara mengerjakannya).
Use Case
Gambar Use Case
Relasi dalam Use Case
Ada beberapa relasi yang terdapat pada use case
diagram:
1. Association, menghubungkan link antar element.
2. Generalization, disebut juga inheritance
(pewarisan), sebuah elemen dapat merupakan spesialisasi dari elemen lainnya.
3. Dependency, sebuah element bergantung dalam
beberapa cara ke element lainnya.
4. Aggregation, bentuk assosiation dimana sebuah
elemen berisi elemen lainnya.
Tipe relasi/ stereotype yang mungkin terjadi pada
use case diagram:
1. <<include>> , yaitu kelakuan yang
harus terpenuhi agar sebuah event dapat terjadi, dimana pada kondisi ini sebuah
use case adalah bagian dari use case lainnya.
2. <<extends>>, kelakuan yang hanya
berjalan di bawah kondisi tertentu seperti menggerakkan alarm.
3. <<communicates>>, mungkin ditambahkan
untuk asosiasi yang menunjukkan asosiasinya adalah communicates association .
Ini merupakan pilihan selama asosiasi hanya tipe relationship yang dibolehkan
antara actor dan use case.
3. Contoh Use Case Diagram
Contoh Use Case
Contoh Use Case Diagram
Tidak ada komentar:
Posting Komentar